Kamis, 03 Juni 2010

DEPRESI ANAK HENDAKNYA DI KENDALIKAN SEJAK DINI

DEPRESI ANAK HENDAKNYA DI KENDALIKAN SEJAK DINI .

Depresi merupakan gejala kehilangan gairah, semangat dan menurunnya daya fikir, hal ini selain dialami oleh orangtua juga sering terjadi pada anak, dari gejalana ini akan menimbul kan stress,gelisah dan cemas. Karenanya para orangtua banyak di anjurkan untuk mengenali kondisi kejiwaan anak sejak dini.

Beberapa penilitian psikolog, salah satu gejala defresi yang di alami oleh bayi, biasanya selalu rewel. Jika bayi mengalami depresi atau kecemasan dan dibiarkan, maka akan terbawa dan berpengaruh sampai dewasa. Sedangkan depresi pada anak-anak di usia sekolah terlihat pada perubahan perilaku seperti prestadi pelajaran menurun.

Penyebab depresi pada bayi dibawah empat bulan karena makanan, kurangnya sosialisasi,factor guru dan pengaruh teman.

Cirri-ciri anak mengalami depresi, seperti malas untuk belajar atau tidak mau bertemu dengan temannya dan cenderung menarik diri dari lingkungan. Sehingga tidak sedikit penyakit ini bisa mengarah ke bunuh diri.salah satu ciri anak yang mudah terkena depresi yakni punya kepribadian yang tertutup ( introvert ), sukar bergaul, tidak mudah bersosialisasi. Oleh karena itu anak seperti ini harus dibiasakan mengikuti aktivitas-aktivitas sosial.

Lebih lanjut lingkungan akan sangat berpengaruh pada anak untuk berkembang menjadi positif atau negative, karena setiap anak punya potensi sendiri-sendiri dan tidak bisa dituntut sama seperti yang lain. Lingkungan bisa mengarahkan anak supaya ketertutupan itu tidak melekat atau mendalam agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam bergaul. Meskipun anak mempunyai potensi cukup cerdas atau punya bakat-bakat tertentu, tetapi karena ketertutupannya yang lebih bereaksi menarik diri/depresi dapat menyebabkan iya bisa berkembang.

Anak-anak yang mengalami depresi lebih ditentukan oleh factor lingkungan. Oleh karena itu conditioning pola asuh anak dilakukan sejak balita. “ anak-anak yang kurang sosialisasi dengan lingkungan masyarakat dapat menimbulkan kecemasandan kurang berani.ini awal dari anak yang mudah mengalami defresi,” .

Kepribadian anak yang tertutup dan terbuka namun hal ini tergantung pada lingkungan. Jika lingkungan tidak mendukung maka rentan terkena depresi. Meskipun dia tertutup karena dia dikondisikan untuk bergaul dia akan berkembang meskipun dia tidak kehilangan cirinya. Sebalik nya kalau orang yang terbuka dia lebih layak untuk kerja dan bersosialisasi.

Para psikolog menyarankan kepada para orang tua hendaknya memperhatikan kemampuan anak, jangan sampai memaksakan kehendak pada anak-anak yang tidak sesuai dengan kemampuan nya. Karena anak yang dipaksa, maka anak tersebut akan memerlukan daya saing yang kuat. Anak yang cenderung depresi prestasinya akan jatuh sebelum daya juangnya muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar