Kamis, 03 Juni 2010

gangguan komunikasi

Gangguan Komunikasi (Communication Disorders) adalah sekumpulan gangguan psikologis yang ditandai dengan kesulitan- kesulitan dalam pemahaman atau penggunaan bahasa. Kategori- kategori dari gangguan komunikasi adalah gangguan bahasa ekspresif, gangguan bahasa campuran reseptif- ekspresif, gangguan fonologis dan gagap. Masing- masing gangguan ini mempengaruhi fungsi akademik, atau pekerjaan, atau kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial.

Penanganan pada gangguan komunikasi umumnya dilakukan melalui terapi bicara dan koseling psikologis untuk kecemasan social dan masalah- masalah emosional lainnya.








Gangguan fonologik melibatkan kesulitan dalam artikulasi suara dalam berbicara tanpa adanya kerusakan pada meknisme bicara atau hendaya neurologis. Anak- anak dengan gangguan ini mungkin menghilangkan, mengganti, atau salah mengucapkan bunyi- bunyi tertentu terutama bunyi eh, f, l, r, sh, dan th, yang biasanya dapat diucapkan secara tepat saat anak memasuki usia sekolah. Mereka mungkin terdengar seperti bayi berbicara. Pada kasus yang lebih berat, terjadi mengartikulasi suara- suara yang seharusnya sudah dikuasai pada masa prasekolah: b, m, s, d, n, dan h. terapi bicara sering kali membantu, dan pada kasus- kasus yang lebih ringan dapat teratasi dengan sendirinya pada usia 8 tahun.

Gangguan bahasa reseptif- ekspresif mengacu pada anak- anak yang memiliki kesulitan baik dalam memahami maupun memproduksi bahasa verbal. Mungkin saja terdapat kesulitan dalam memahami kata- kata atau kalimat- kalimat. Dalam beberapa kasus, anak memiliki kesulitan memahami tipe- tipe kata atau kalimat tertentu (seperti kata- kata yang mengekspresikan perbedaan kuantitas; large, big, atau huge), istilah- istilah spasial (sperti dekat atau jauh), atau tipe- tipe kaliamat (seperti kalimat yang dimulai dengan kata unlike). Kasus- kasus lain ditandai oleh kesulitan memahami kata- kata dan kalimat- kalimat sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar